Komponen Genset Serta Fungsinya

Komponen Genset Serta FungsinyaAda baiknya jika kita mengenal komponen yang terdapat pada genset sehingga jika terjadi masalah kita bisa melakukan analisa pada bagian mana yang harus diperbaiki. Berikut ini adalah komponen genset beserta fungsinya :

  1. Main Stator
    Kumparan 3 phasa, Menghasilkan tegangan AC, Kumparan output generator
  2. Rotor
    Kumparan 1 fasa; Menerima arus DC dari penyearah (main rectifier); Fungsinya menghasilkan medan magnet utama yang selanjutnya menginduksikan GGL ke main stator.
  3. Exciter
    Terdapat 2 bagian dari exciter :
    * Exciter Stator: merupakan kumparan 1 phase yang menerima arus DC dari AVR untuk membangkitkan medan magnet dan selanjutnya menginduksi GGL ke dalam kumparan exciter rotor.
    * Exciter Rotor: merupakan kumparan 3 phase terhubung star, meneerima tegangan induksi AC dari exciter stator dan kemudian diteruskan ke kumparan main rotor melalui rectifier, atau berfungsi sebagai sumber arus untuk penguat ke field coil generator utama yaitu dengan cara merubah output tegangan dari AC ke DC melalui rotating dioda.
  4. Rotating Rectifer
    Terdiri dari 6 buah diode, 3 forward dan 3 reverse. Berfungsi sebagai penyearah arus AC yang dihasilkan exciter rotor menjadi arus DC untuk penguatan pada main rotor.
  5. AVR ( Automatic Voltage Regulator)
    Komponen elektronik terpadu untuk mengontrol tegangan keluaran generator; menerima daya AC dari kumparan main stator atau kumparan sumber tegangan tambahan (PMG atau aux winding) dan tegangan sensing dari kumparan main stator, mengolah dan akhirnya mengeluarkan arus DC ke kumparan exciter stator. Atau disebut juga instrument pada genset dalam bentuk modul yang berfungsi untuk mengatur setting secara otomatis output tegangan maupun kapasitas dari genset yang dipasang.

 

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi sales engineer kami, informasi kontaknya terdapat pada sidebar website ini. Terimakasih